Cerita Lucu, humor, kocak, update

Rabu, 23 Desember 2015

Cari lowongan kerja?, ga lagi!!!


Kerja..kerja..dan kerja…, itulah prinsip untuk bertahan hidup, siapa yang mau bekerja, dialah yang mampu bertahan hidup. Namun sayangnya, semua orang yang pingin bekerja belum tentu mendapatkan kesempatan itu. Banyak indikator yang menunjukkan bahwa masyarakat menginginkan pekerjaan, tapi faktanya mereka kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut,  
ini yang menimbulkan banyaknya pengangguran di bangsa ini. Data pengangguran di Indonesia mengundang keprihatinan kita semua, seperti dilansir dalam tribun news edisi 6 November 2013 pengangguran di Indonesia sebesar 7,39 juta orang. Hal ini menunjukkan masih banyaknya jumlah pengangguran di Indonesia yang diakibatkan oleh sempitnya lapangan pekerjaan. Tidak ayal kalau-kalau lagunya musisi besar Iwan Fals tentang sarjana muda selalu relefan dengan kondisi bangsa kita saat ini.
Memang sungguh miris kondisi bangsa kita ini, dibalik sumber daya alam yang melimpah, ternyata belum mampu menjadikan bangsa ini sejahtera dan masyarakatnya mempunyai pekerjaan semua. Memang untuk mengatasi persolan tersebut perlu ditinjau dari berbagai aspek, dan yang terpenting adalah penyebab dari munculnya pengangguran itu sendiri. Menurut penulis ada tiga hal mendasar yang menjadikan bangsa ini minim lapangan pekerjaan dan menyebabkan banyaknya pengangguran, yakni:
Pertama mental bangsa ini yang terbangun untuk menjadi seorang pekerja, bukan pencipta lapangan kerja. Ini terlihat dari system pendidikan yang berlaku di Indonesia, yang menjanjikan kepada siswanya setelah lulus langsung dapat bekerja di sebuah perusahaan. Tidak hanya itu, system pendidikan di Indonesia tidak mengawal peserta didiknya sampai betul-betul dapat menciptakan pekerjaan.
Kedua paradigma yang terbangun di masyarakat adalah bagaimana setelah lulus sekolah atau bahkan tidak usah sekolah yang penting bekerja agar segera dapat penghasilan.
Ketiga minimnya dorongan dan fasilitas bagi generasi-generasi yang berprestasi untuk menciptakan sebuah pekerjaan oleh pemerintah. Contoh kecilnya saja misalnya kasus Habibie yang waktu itu menunjukkan prestasi yang luar biasa tapi pemerintah kurang mengakomodir prestasi habibie tersebut, dan tentunya masih banyak faktor lain yang menjadi pendorong adanya pengangguran di Indonesia.

Terlepas dari apa saja yang menyebabkan munculnya pengangguran dari tahun ke tahun, menurut penulis yang terpenting juga untuk diatasi adalah membangun pola pikir dan mental masyarakat yang sudah menstigma di kehidupan secara luas. Masyarakat kini tidak perlu lagi dijanjikan dengan sekolah-sekolah yang menawarkan setelah lulus dapat bekerja, melainkan setelah lulus harus dapat menciptakan pekerjaan. Tidak hanya itu, sebenarnya masyarakat perlu dipahamkan juga bahwa pekerjaan yang nyaman dan paling afdhol adalah hasil karya sendiri. Nabi Muhammad SAW bersabda “Mata pencaharian paling afdhol adalah berjualan dengan penuh kebajikan dan dari hasil keterampilan tangan. (HR. Al-Bazzar dan Ahmad). Hadis tersebut menunjukkan bahwa kita manusia hendaknya tidak perlu mengejar-ngejar pekerjaan, melainkan menciptakan pekerjaan, dan tentunya di tahun 2014 ini juga menjadi peluang tersendiri untuk mencari rezeki tidak harus mencari-cari pekerjaan, misalnya saja di tengah berkembangnya dunia internet dan telekomunikasi saat ini, siapa pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan di internet dengan berbagai model, misalnya bisnis PTC, menjadi reseler, menawarkan hasil produk sendiri dsb, yang pada intinya masyarakat saat ini dimudahkan untuk berkreasi dalam kesempatan dan peluang yang ada. 

Cari lowongan kerja?, ga lagi!!! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar